Sabtu, 22 Februari 2014

Mencintai berdasarkan Realita dan Hati


Cinta adalah suatu perasaan yang positif dan diberikan pada manusia atau mahluk lainnya. Semua makhluk pasti memiliki rasa cinta. Penggunaan istilah cinta juga dipengaruhi perkembangan masa dan waktu. Istilah yang menggambarkan cinta sentiasa berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan di dalam keadaan, kedudukan dan generasi masyarakat yang berbeda. Sifat cinta dalam pengertian abad ke-21 mungkin berbeda daripada abad-abad yang lalu. Namun yang pasti cinta akan memberikan warna pada hidup dan kehidupan manusia.

Cinta dikalangan remaja di kenal dengan istilah asmara. Asmara memberikan warna dalam kehidupannya, berbagai rasa menjadi satu, dan istilah ini dikenal dengan jatuh cinta. Berbagai cara dan istilah pun digunakan para remaja untuk menggambarkan cinta, mulai dari setangai bunga sampai pada sebatang cincin. Merekapun mulai berandai-andai, segala rayuan maut pun akan terdegar dari bibir lembut sang pujangga kepada sang bidadari belahan hatinya. Rayuan itu laksana alkohol berkadar tinggi yang mampu memabukkan sang permaisuri. sang permaisuri sepertinya mulai terbius oleh janji manis sang pujangga, sehinga pengibaratan yang tidak masuk akalpun dirasakan sempurna.memang secara alamiah harus diakui bahwa cinta mampu mengalahkan logika. logika seakan tak berlaku dalam cinta, apalagi bila sang sejoli merasa bahwa mereka adalah cinta sejatinya.

Saya tidak ingin beradu argumen dengan anda tetang makna cinta yang sebenarnya, namun saya ingin mengajak anda memahami sedikit makna cinta dari sudut pandang saya yang sederhana.

Secara sederhana saya mendefinisikan cinta sebagai rasa suka, dan rela berkorban,dan mampu melakukan apapun demi apa yang dicintainya.

Berdasarkan definisi yang saya tuliskan diatas saya ingi mengajak anda untuk memahami makna cinta yang sebenarnya khususnya buat anda kaula muda seperti saya, haha.. agar kita tidaklah terjerumus pada penjara cinta buta. Untuk itu mari kita simak pertanyaan yang pernah di ajukan kepada saya dan jawaban yang telah saya berikan, pertanyaan ini berasal dari sahabat-sahabat kampus atau ada juga dari lingkungan asrama tempat saya menghabiskan waktu menunggu masa perkuliahan berakhir, sekarang mari kita simak bersama-sama.

Pertanyaan :
  1. Apa itu cinta ?
  2. Apakah ada bedanya antara cinta dan kasih sayang ?
  3. Seberapa besar kita harus berkorban untuk cinta dan orang yang kita cintai ?
  4. Apakah benar adanya cinta sejati  dan apakah semua orang pasti memilikinya?
  5. Jika cinta sejati itu ada, mengapa banyak orang yang tersakiti ?
Jawaban :

  1. Cinta adalah sebuah perasaan yang dianugrah kan Allah kepada mahluk ciptan-Nya terutama untuk mahluk yang bernama manusia, sebuah perasaan dimana yang menikmatinya akan merasa senang, bahagia dan merasa selalu diberikan kemampuan untuk mengorbankah hal yang berharga untuk orang dicintainya.
  2. Cinta dan kasih sayang sebenarnya jika ditinjau dari segi definisi tidaklah terdapat perbedaan yang mendasar, namun dari segi realita dan kenyataan terdapat hal yang membedakan. Cinta adalah perasaan awal yang nantinya akan membawa manusia di singgasana kasih sayang. dalam bahasa yang sederhana saya katakan kasih sayang adalah muara dari cinta, anda tidak akan menemukan kasih sayang jika belum belajar mencintai.
  3. Sebuah pengorbanan itu relatif, dan pada umumnya berbeda satu sama lain. Hal ini akan sangat bergantung pada cara anda mencintai dan sebesar apa anda mencintainya. Dalam mencintai memang pengorbanan bisa dikatakan sebagai syrat mutlak yang diperlukan, dan biasanya pasangan anda akan menilai cinta anda dari sebesar pengorbanan anda untuk memenuhi keinginanya. Cinta memang memerlukan yang dinamakan pengorbanan, namun satu hal yang harus anda ingat cinta tidaklah meminta tapi cinta adalah memberi, maka dari itu jangan anda tuntut pasangan anda untuk memberikan apa yang sebenarnya belum menjadi milik anda,apalagi sampai mengorbankan harga dirinya.
  4. Benar, dan setiap orang pasti akan memilikinya. Cinta sejati tidak dapat diukur dari perkataan sayang, cinta sejati tak akan sejati terkecuali anda yang mensejatikanya . ingatlah Pernikahan atau hubungan yang anda jalin dengan pasangan anda itu belum bisa dikatakan cinta sejati karena cinta sejati adalah kesanggupan anda untuk mempertahankan cinta yang anda miliki. cinta sejati tidaklah diukur dari kata-kata karena bibir hanyalah alat untuk mengucap sedangkan yang merasakannya adalah hati. maka disinilah anda dituntut untuk bijak membedakan yang mana cinta dari bibir dan yang mana cinta dari hati.
  5. cinta sejati itu benar ada. sebelum saya menjawab "jika cinta sejati itu ada mengapa banyak yang tersakiti ?". Saya ingin mengajukan sebuah pertanyaan kepada anda. apakah anda yakin tukang cukur atau tukang pangkas rambut itu ada. jika anda yakin anda lalu pernahkah anda berpikir mengapa masih ada yang gondrong. mungkin anda menjawab karena ulah mereka yang tidak mau datang dan memotong rambut mereka, jika itu jawaban anda maka saya sangat sepakat dengan anda.ada bahkan banyaknya orang yang gondrong tidaklah sama artinya dengan tidak adanya tukang cukur bukan?. nah, begitulah dalam urusan cinta sejati, mereka banyak yang menderita karena mereka tidak mau datang kepadanya, kita pada umumnya lebih mementingkan logika dari pada realita dan hati.

berdasarkan pertanyaan dan jawaban yang saya berikan, maka saya ingin menegaskan bahwa cinta adalah anugrah yang maha indah dari Allah,maka dari itu pergunakanlah cinta sebagai mana yang telah diatur dalam tatanan kehidupan masyrakat maupun Agama.Cinta perlu diperjuangkan,cinta perlu pengorbanan, namun yang perlu dingat dalah jangan samapai kita dibuat buta oleh cinta, karena cinta adalah perhiasan maka gunakan perhiasan anda pada tempat dan waktu yang tepat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar